PENGARUH PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT TNI AL DR. MINTOHARDJO JAKARTA
Sari
Peningkatan kualitas pelayanan kesehatan Rumah Sakit Angkatan Laut DR. Mintohardjo Jakarta baik individu maupun organisasi harus terus menerus ditingkatkan , karena adanya tuntutan perubahan lingkungan yang sangat cepat. Sehubungan dengan adanya tuntutan-tuntutan kualitas pelayanan ,interaksi hubungan secara internasional , dan sistem informasi yang menggunakan teknologi modern atau pengguna teknologi tinggi dalam menopang berbagai kegiatan , maka keunggulan kualitas pelayanan dibidang kesehatan merupakan suatu keharusan bagi organisasi. Berdasarkan latar belakang tersebut ,maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian kualitas pelayanan yang dikaitkan dengan kepuasan pasien. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan rawat jalan terhadap kepuasan pasien di Rumah Sakit Angkatan Laut DR. Mintohardjo Jakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah riset lapangan dan riset kepustakaan. Sedangkan metode analisis yang digunakan adalah Analisis Regresi Sederhana. Pasien yang dijadikan sampel merupakan pengunjung Rumah Sakit Angkatan Laut DR. Mintohardjo Jakarta yang berjumlah 50 orang responden. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan mempunyai pengaruh terhadap kepuasan pasien yang signifikan. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan koefisien korelasi (r) menunjukan angka 0,589 hal ini menyatakan bahwa antara kualitas pelayanan rawat jalan dengan kepuasan pasien mempunyai hubungan sedang dan positif. Hasil koefisien determinasi menunjukkan angka sebesar 33,3% hal ini menunjukkan besarnya pengaruh yang diberikan kualitas pelayanan rawat inap terhadap kepuasan pasien sebesar 33,3 %.
Teks Lengkap:
PDFRefbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.